“Jahat” bukan solusi



Jika menjadi orang yang baik bukan pilihan, tentu akan ada pemikiran bahwa menjadi orang yang “jahat” akan lebih menguntungkan. Riordan tidak setuju dengan pemikiran tersebut. Mengambil jalan yang ekstrem, dengan menjadi karyawan atau atasan yang membuat karyawan lain tersiksa, tentunya juga akan menghancurkan kariernya.

Sebenarnya, bersikap baik, kooperatif, toleran, dan mudah memaafkan adalah sifat yang baik. Asalkan sikap-sikap tersebut dilakukan pada saat yang tepat.Jika sikap ini dilakukan saat dibutuhkan sikap yang sangat tegas dari seorang pemimpin, maka sikap baik dan mudah memaafkan akan membuatnya terlihat sebagai pemimpin yang lemah.

Benarkah Jadi Orang Baik itu Susah Mendapatkan Promosi?

ORANGTUA atau para ahli selalu menyarankan agar seorang karyawan bisa bekerja dengan baik dan berperilaku baik jika ingin cepat mendapatkan promosi. Namun kenyataannya, orang baik sering kali menjadi orang terakhir yang diperhitungkan untuk mendapat promosi. Apa yang salah?

Saat kita kecil atau mulai masuk dalam dunia kerja, orang tua, bahkan konsultan karier, kerap kali memberi saran agar kita selalu bersikap sopan, bisa dipercaya, baik hati, kooperatif, dan toleran. Dengan sifat dan sikap ini, orangorang di sekeliling kita, termasuk atasan, akan menyukai kita. Kita akan memiliki banyak teman, dan tentu saja karier akan melaju pesat.