Tidur Sambil Mendengkur Memalukan.


Tidur memang sangat diperlukan dalam menjaga tubuh tetap sehat. Tapi kalau tidur sambil mendengkur kadang membuat orang sekitar terganggu dan yang paling ekstrim memalukan buat siempunya.

Hal ini terjadi disaat pembekalan di Lemhanas oleh Presiden SBY. Pembengkalan dihadiri oleh peserta Lemhanas yang terdiri dari para walikota dan Bupati dan juga oleh beberapa ketua DPRD. Disaat SBY sedang berpidato dan peserta sedang asyik mendengarkan tiba terdengar dengkuran dari peserta yang duduk dibelakang, kontan saja SBY langsung menghentikan pidatonya dan menegur serta menyuruh membangunkan orang yang tertidur tersebut.


Bagaimana bisa mendengarkan keluhan rakyat kalau pada saat mendengar saja tidur. Walau tidak kurang satu menit pidatonya berhenti tetapi ini sangat memalukan Lembaga yang merupakan tempat mendidik pemimpin-pemimpin rakyat.

SBY sempat berkata pada Mulyadi “Jangan luluskan yang tidur!”. Tapi nasib baik masih berpihak ke para peserta karena tidak ada lulus atau tidak lulus dalam pendidikan tersebut yang ada hanya peringkat.

Itulah salah satu contoh pemimpin kita yang hanya melek pada saat ingin menjadi pemimpin, disaat sudah jadi pimpinan dan sudah kenyang dengan kekuasaan yang tinggal hanya rasa kantuk dan keinginan untuk selalu tidur.

Mudah-mudahan Allah melindungi kita semua.



Tulisan ini diceritakan kembali berdasarkan berita dari harian Tempo tanggal 9 Maret 2008