Indahnya Berbagi


Beberapa hari ini saya disibukkan dengan melihat-lihat blog2 yang ada, dan disemua blog itu ada beberapa kesamaan yaitu keinginan untuk selalu dikunjungi!. Mungkin ini hanya pikiran saya saja, tapi kalau dicermati memang seperti itu adanya, contoh setiap blog pasti ada tukar link..! ya kan nah ini kan sama aja permintaan untuk selalu ditengok.

Tapi dari kesemua itu ada yang paling saya sukai dari para bloger yaitu keinginan untuk berbagi dengan sesama bloger. Dan manfaat itu banyak saya rasakan dimana blog saya yg jelek ini hasil dari membaca tutorial dari berbagai blog yang mengajarkan pengembangan blog.
Itulah enaknya berbagi! dari sisi ilmu saja kita dapat berbagi dan membuat orang menjadi ebih maju!
Coba hal ini kita praktekkan dikehidupan nyata, kita satu sama lain selalu berbagi apa yang orang butuh, mungkin kemiskinan tidak akan ada.


Tips Sempurna Berpuasa


AGAR puasa kita dapat sempurna ada beberapa tips yang mesti kita perhatikan. Pertama, makanlah sahur, sehingga membantu kekuatan fisik kita selama berpuasa. Akan lebih baik jika makan sahur itu diakhirkan waktunya, sehingga mengurangi rasa lapar dan haus. Namun harus hati-hati. Untuk itulah, kita hendaknya berhenti makan dan minum beberapa menit sebelum terbit fajar. Rasulullah bersabda, "Makan sahurlah kalian, sesungguhnya di dalam sahur itu terdapat berkah." (H.R. Bukhari dan Muslim).

Kedua, bersegeralah berbuka jika matahari benar-benar telah tenggelam. Utamakan berbuka dengan yang manis-manis, karena makanan dan minuman manis mengandung glukosa. Makanan manis dapat menjaga kondisi tubuh agar tetap prima, dan ucapkanlah Basmallah ketika berbuka seraya berdoa, Allahumma laka shumtu wa'alaa rizqika afthartu birahmatika ya arhamar Rahimiin. Dan tentunya makanan dan minumannya harus halal dan baik.

Ketiga, manfaatkan bulan Ramadan dengan sesuatu yang terbaik yang pernah diturunkan di dalamnya, yakni membaca Alquran. Pahala bagi yang membaca Alquran adalah per satu hurufnya dilipatgandakan.

Keempat, jagalah lisan dari berdusta, bergunjing, mengadu domba, mengolok-olok, serta perkataan mengada-ada atau gosip. Rasulullah saw bersabda, "Barang siapa tidak meninggalkan perkataan dan perbuatan dusta, maka Allah tidak butuh terhadap puasanya dari makan dan minum." (H.R. Al Bukhari).

Kelima, kendalikan perasaan cepat marah dan emosi.

Bersikaplah tenang dan tidak mudah emosional. Jika ada orang yang jahil, sikapilah dengan perbuatan yang baik seraya memberikan nasihat kepada pelaku kejahilan tersebut. Bila ada yang menghina atau mencacinya, hendaknya memaafkan dan jelaskan bahwa kita sedang beribadah puasa.

Keenam, menjaga diri dari hal-hal bernuansa syahwat, bahkan meskipun halal seperti berhubungan intim suami istri saat puasa. Sadarilah puasa tidak hanya menahan diri dari makan-minum, tapi juga "berpuasa" pula pendengaran, penglihatan, dan lisan dari hal-hal yang bertentangan dengan syariat Islam.

Ketujuh, hendaknya makanan dan minuman tergolong halal dan baik. Jika kita menahan diri dari yang haram pada selain bulan Ramadan, saat Ramadan lebih utama.

Kedelapan, perbanyaklah bersedekah dan berbuat kebajikan. Ketahuilah, Rasulullah saw. adalah orang yang paling dermawan, dan beliau lebih dermawan ketika di bulan Ramadan.

Dalam melaksanakan ibadah puasa kita harus didasari hasrat kuat untuk meraih predikat takwa kepada Allah, takut dan bersyukur kepada-Nya. Karenanya, sambutlah bulan suci Ramadan ini dengan kesungguhan hati untuk beribadah hanya ke hadirat-Nya. Lakukanlah seluruh amaliah Ramadan secara benar dan penuh keikhlasan. Ingatlah kita sedang berharap meraih "buah ketakwaan" kelak sebagaimana firman-Nya, "...agar kamu bertakwa." (Q.S. Al-Baqarah: 183). (Ihsan Burhanuddin/Balai Jurnalistik ICMI Orwil Jabar)***



Software Hotel Untuk Hotel Budget

Perkembangan hotel di Indonesia sangat pesat, hal ini beriring dengan makin meningkatnya keinginan orang untuk melakukan perjalanan, baik ...

Terpopuler